Memperingati Hari Ibu, Partai Gelora Launching ‘Posko Gen 170’

  • Bagikan

Partai Gelora Indonesia DKI Jakarta, Rabu (22/12/2021) memperingati Hari Ibu dengan melaunching Posko Gen 170 di Kantor DPW Partai Gelora Indonesia DKI Jakarta di Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat.

Triwisaksana Ketua DPW Partai Gelora Indonesia DKI Jakarta menyampaikan Posko Gen 170 adalah bagian dari Gerakan Gelorakan Gen 170. Gerakan ini mengambil tema “Ibu Sehat, Bayi Hebat” bertujuan untuk menurunkan tingginya angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) dan mencegah terjadinya stunting.

 

Launching posko Gen 170 ini ditandai dengan penyerahan logo Gerakan Gen 170 dan pemberian bingkisan nutrisi serta vitamin D kepada ibu hamil dan balita. Triwisaksana mengatakan Posko Gen 170 akan bekerjasama dengan semua pihak; baik pemerintah, swasta ataupun simpul-simpul masyarakat di DKI Jakarta

Berdasarkan data dari BKKBN, setiap tahun 4,8 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya angka kelahiran ini menempatkan Indonesia pada urutan keempat, setelah China, India dan Amerika Serikat.

 

“Tetapi kematian ibu juga masih cukup tinggi, yakni 305 per 100.000 penduduk dan angka kematian bayi sebesar 24 per 1.000 kelahiran hidup,” jelasnya.

 

Sementara terkait masalah stunting di Indonesia, kata Triwisaksana dipicu karena kekurangan gizi pada bayi di 1.000 hari pertama kehidupannya yang menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang bayi.

 

Akibatnya, balita tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurannya. Dampak lainnya adalah sistem imun rendah, anak mudah sakit, gangguan sistem pembakaran di dalam tubuhnya hingga penurunan fungsi kognitif.

 

“Stunting ini juga dapat menyebabkan kematian pada bayi dan balita,” kata Triwisaksana yang juga biasa di panggil Bang Sani.

Karena itu, Gerakan Gelorakan Gen 170 diharapkan bisa menjadi gerakan bersama semua pihak, selain untuk menurunkan tingginya AKI, AKB dan mencegah terjadinya stunting, juga untuk mewujudkan anak-anak Indonesia yang cukup dalam gizi dan tumbuh kembang yang ditandai dengan tinggi rata-rata 170 cm.

 

“Jadi distribusi nutrisi ini penting bagi kita untuk pembentukan postur fisik manusia Indonesia, tumbuh menjadi orang yang kuat. Untuk mensukseskan ini, Partai Gelora akan berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak demi terciptanya generasi bangsa yang unggul,” tutupnya.

  • Bagikan